Prodi PBA UIN Siber Cirebon Gelar FGD Kedua untuk Revisi Kurikulum Berbasis OBE

Cirebon, 17 Juli 2025 — Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon kembali menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) lanjutan dalam rangka finalisasi revisi kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari FGD pertama yang telah berlangsung pada Rabu, 9 Juli 2025.

Pada FGD kali ini, tim pengembang kurikulum bersama para dosen, ahli bahasa Arab, dan stakeholder internal membahas secara mendalam capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang dirancang untuk mencerminkan profil lulusan Prodi PBA yang adaptif, unggul, dan kompetitif di era digital.

Revisi CPL ini mencakup 13 capaian pembelajaran utama yang dibagi ke dalam kategori sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. CPL dirumuskan secara sistematis untuk memastikan ketercapaian kompetensi lulusan di bidang kebahasaan, pedagogi, penelitian, teknologi, dan keislaman. Berikut adalah ringkasan CPL hasil revisi:

  1. CPL 1–2 menekankan penguatan nilai-nilai keislaman, kemanusiaan, nasionalisme, dan etika profesional dalam praktik pendidikan bahasa Arab.

  2. CPL 3–7 mencakup kemampuan analisis linguistik, pedagogis, penerjemahan, serta evaluasi teori pembelajaran dan penelitian dalam ranah bahasa Arab.

  3. CPL 8–9 fokus pada penerapan metode ilmiah, teknologi informasi, serta kerja tim dan komunikasi profesional.

  4. CPL 10–13 memuat kemampuan pengembangan media, penelitian, dan terjemahan wacana berbahasa Arab yang aplikatif dan relevan di dunia pendidikan kontemporer.

Secara lengkap CPL bisa dibaca sebagai berikut.

CPL 1 Mengamalkan nilai-nilai Keislaman dan kemanusiaan dalam kehidupan bermasyarakat serta berkontribusi aktif dalam peningkatan mutu peradaban berbasis Pancasila, dengan menunjukkan sikap toleransi, tanggung jawab sosial, dan kepedulian terhadap lingkungan

CPL 2 Menginternalisasi semangat nasionalisme dan kemandirian serta mempraktikkan nilai-nilai kewirausahaan dalam bidang Bahasa Arab, dengan taat hukum, disiplin, dan komitmen pada kejujuran serta tanggung jawab profesional

CPL 3 Menganalisis konsep,prinsip dan sistem tata kebahasaan Arab (tata bunyi, sistem pembentukan kata, sistem pembentukan kalimat, sistem makna dan sistem ortografi/tulisan bahasa Arab) serta mampu menerapkannya untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan baik secara lisan maupun tulisan dan Mengevaluasi teori retorika bahasa Arab dan penerapannya dalam konteks kebahasaan baik lisan maupun tulis. (Bahasa dan Berbahasa).

CPL 4 “Menganalisis konsep teoretis pedagogi pembelajaran bahasa asing serta inovasinya dalam pembelajaran bahasa Arab, termasuk konsep-konsep teoretis pembelajaran bahasa Arab di luar sekolah, dengan mempertimbangkan 1) teori dan paradigma pembelajaran bahasa bagi penutur asing, 2) prinsip dasar psikologi pendidikan dan relevansinya dalam memahami karakter peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta 3) prinsip pengembangan kurikulum (silabus) mata pelajaran Bahasa Arab.

CPL 5 “Menganalisis konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran, khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill), serta teori, prinsip, dan ragam media pembelajaran bahasa Arab yang didukung teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik peserta didik. Selain itu, memiliki pemahaman tentang konsep dasar Android dan teknis operasional aplikasi mobile serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa Arab guna meningkatkan efektivitas dan inovasi dalam proses pembelajaran.

CPL 6 “Menganalisis metode, prosedur dan teknik penerjemahan yang digunakan dalam penerjemahan teks.

CPL 7 “Mengevaluasi teori penelitian dalam bidang bahasa dan pendidikan Bahasa Arab.

CPL 8 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur untuk mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dengan membuat deskripsi saintifik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir lainnya, berdasarkan analisis informasi dan data serta menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

CPL 9 Mengembangkan jaringan kerja dengan bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan proses evaluasi diri yang berada di bawah tanggungjawabnya; serta berkomunikasi baik lisan maupun tulisan sesuai dengan tuntutan profesi

CPL 10 “Menerapkan komunikasi berbahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, serta mampu menganalisis wacana berbahasa Arab secara komprehensif. Selain itu, mampu mengembangkan pembelajaran bahasa Arab, dalam aspek pengembangan materi ajar untuk MTs dan MA, dalam desain pembelajaran bagi penutur bukan Arab di sekolah/madrasah, dan mampu melakukan refleksi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran bahasa Arab secara berkelanjutan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas . Juga memiliki kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi kompetensi bahasa siswa menggunakan penilaian otentik yang berorientasi pada proses dan hasil.

CPL 11 Merancang media pembelajaran bahasa Arab sederhana berbasis mobile yang dikembangkan dari aplikasi mobile dan Mampu mengembangkan model pembelajaran Bahasa Arab berbantukan teknologi komputer dan internet

CPL 12 Merancang dan menjalankan penelitian berbahasa bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan metodologi penulisan ilmiah yang benar sehingga menghasilkan karya ilmiah yang adaptif dan solutif bagi pengembangan pembelajaran Bahasa Arab. Selain itu, mampu melaksanakan prosedur pengumpulan, pengorganisasian, pengolahan, penganalisa serta penyajian data penelitian terkait pendidikan yang berwujud angka dan bisa membuat kesimpulan dari analisis data tersebut.

CPL 13 Memproduksi terjemahan wacana berbahasa Arab baik lisan maupun tulis yang berkaitan dengan keagamaan, kebahasaan, dan pendidikan, ke dalam bahasa Indonesia secara tepat, jelas, dan wajar.

Dengan pendekatan OBE, revisi kurikulum ini dirancang untuk menyiapkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam penguasaan ilmu bahasa Arab, tetapi juga memiliki kapasitas untuk menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21, terutama yang berkaitan dengan integrasi teknologi dan pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik.

Ketua Tim Pengembang Kurikulum Prodi PBA menyampaikan bahwa proses revisi ini melibatkan tinjauan terhadap dokumen kebijakan nasional dan internasional, seperti KKNI, SN-Dikti, serta tren pembelajaran digital dan riset terkini dalam pendidikan bahasa Arab.

Diharapkan, kurikulum baru ini akan segera diimplementasikan pada tahun akademik 2025/2026 sebagai wujud nyata peningkatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi di bidang bahasa Arab.

Scroll to Top