Pendidikan dan Pengajaran
- Struktur Kurikulum
- Kalender Akademik
- Buku Kurikulum
- IKD
- Survey Kepuasan
- Integrasi Penelitian & PKM dalam Pembelajaran
Al-Istima’ Wal-Kalam Lil-Mutawasith | 3 SKS | W |
Bahasa Arab | 3 SKS | W |
Bahasa Indonesia | 2 SKS | W |
Ilmu Pendidikan Islam | 2 SKS | W |
Kajian Kitab Kuning 1 | 0 SKS | W |
Nahwu lil-Mutawasith | 3 SKS | W |
Pendidikan Kewarganegaraan | 2 SKS | W |
Program Pengembangan Tilawatil Qur’an (PPTQ) 1 | 0 SKS | W |
Qowaidul-Imla wal-Khat | 3 SKS | W |
Sharaf al-Isthilahi Wa al-Lughawi | 2 SKS | W |
Studi Al-Quran | 2 SKS | W |
Al-istima` Wal-Kalam Lil-Mutaqoddim | 3 SKS | W |
Bahasa Inggris | 3 SKS | W |
Kajian Kitab Kuning 2 | 0 SKS | W |
Madkhal ilmi al-Lughah | 2 SKS | W |
Metodologi Studi Islam | 3 SKS | W |
Nahwu lil-Mutaqoddim | 3 SKS | W |
Pancasila | 2 SKS | W |
Program Pengembangan Tilawatil Qur’an (PPTQ) 2 | 0 SKS | W |
Sharaf Lughawi Wa I`lali | 2 SKS | W |
Studi Hadits | 2 SKS | W |
Teori Pendidikan | 3 SKS | W |
Cyber Culture | 2 SKS | W |
Fannul-Khitobah wal-Munazharah | 2 SKS | W |
Fiqh Lughah | 2 SKS | W |
ilmu al-Ashwat | 2 SKS | W |
Maharah Qiro`ah lil-Mutawasith | 2 SKS | W |
Media Pembelajaran Bahasa Arab | 3 SKS | W |
Model Pembelajaran Berbasis Elektronik (e-learning) | 3 SKS | W |
Praktik Ibadah 1 | 0 SKS | W |
Psikologi Belajar | 2 SKS | W |
Tanmiyatul Mufrodat | 2 SKS | W |
Telaah Materi Bahasa Arab MTs | 2 SKS | W |
Ushul al-Tarbiyah | 2 SKS | W |
Al-‘Arabiyah lil-Atfal | 3 SKS | W |
Ilmu al-Lughah an-Nafsi | 2 SKS | W |
Ilmu Ma’ani | 2 SKS | W |
Madkhal At-Tarjamah | 2 SKS | W |
Madkhal Ilmi ad-dalalah Wal-Ma’ajim | 2 SKS | W |
Maharah Kitabah lil-Mutawasith | 2 SKS | W |
Maharah Qiro’ah lil-Mutaqoddim | 2 SKS | W |
Multimedia Pendidikan | 3 SKS | W |
Praktik Ibadah 2 | 0 SKS | W |
Statistik | 3 SKS | W |
Telaah Materi Bahasa Arab MA | 2 SKS | W |
Etika Profesi Keguruan | 2 SKS | W |
Ilmu Bayan wal-Badi` | 3 SKS | W |
Maharah Kitabah lil-Mutaqoddim | 2 SKS | W |
Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab | 3 SKS | W |
Pengantar Pembelajaran Bahasa Asing | 2 SKS | W |
Pengantar Teknologi Mobile | 2 SKS | W |
Pengembangan Kurikulum | 3 SKS | W |
Penulisan Karya Ilmiah | 2 SKS | W |
Tarjamah Arabiyyah-Indunisiyyah | 2 SKS | W |
TOAFL | 2 SKS | W |
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab | 2 SKS | W |
Filsafat Ilmu | 2 SKS | W |
Media Belajar dan Teknologi Mobile | 3 SKS | W |
Metodologi Pengajaran Bahasa Arab | 3 SKS | W |
Micro Teaching | 2 SKS | W |
Penelitian Tindakan Kelas | 2 SKS | W |
Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab | 2 SKS | W |
Tarjamah Indunisiyyah-Arabiyyah | 2 SKS | W |
Bimbingan Penulisan Skripsi Bahasa Arab | 2 SKS | W |
Cirebon Studies | 2 SKS | W |
Filsafat Pendidikan Islam | 2 SKS | W |
KKN | 3 SKS | W |
Pendidikan Multikultural (Moderasi Beragama) | 2 SKS | W |
PLP (Magang) | 4 SKS | W |
Skripsi | 4 SKS | W |
No | Nama MK | Nama Dosen | Judul Penelitian | Judul Pengabdian | Link |
1 | Al Arabiyah Lil Athfal | Gerakan Literasi Sosial (GELIS) Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Di Desa Sukamukti Kabupaten Kuningan | |||
| https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/view/15295 | ||||
2 | Bimbingan Skripsi | https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/view/11861 | |||
3 | Al Istima’ Wal Kalam Lil Mutawassith & Lil Mutaqoddim | https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/view/7232 | |||
| Bimbingan dan Pembiasaan Berbicara Bahasa Arab Melalui Program Muhadatsah di Pondok Pesantren Akmala Sabila Cirebon | https://docs.google.com/document/d/1wIe1UQUZwujeStI_HA_98bpY2JPiN7wP/edit?usp=drive_web&ouid=105851798079350947324&rtpof=true | |||
Nanin Sumiarni, Aziz Syafrudin | Efektifitas Pembelajaran Menyimak Dan Berbicara Untuk Pemula (Maharat Al-Istima’ Wa Al-Kalam Li Lmustawa AlTamhidi) Berbasis KKNI Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon | Nanin Sumiarni, Khasan Aedi, Nelly Husni Laely, Muhammad Fadhli Khairurraja | |||
Implementasi Model 3 In 1 Dalam Pembelajaran Menyimak (Maharat Al-Istima’) Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (Pba) IAIN Syekh Nurjati Cirebon | Husnul Khotimah, Nanin Sumiarni, wawan Arwani | Pengembangan Program Pembelajaran Kosakata dengan Media Buku Saku di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Murtadlo Cirebon | |||
4 | Media Pembelajaran | Nanin Sumiarni, Masri’ah, Nelly Husni Laely, Yanti Kusnawati | Nanin Sumiarni, Masriah | Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Skripsi Perspektif Mahasiswa dan Dosen Pembimbing di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon | |
Hasan Syukur, Sopwan Mulyawan | Penggunaan Media Pop Up Book dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Memahami Teks-Teks Bahasa Arab | Nanin Sumiarni, Sopwan Mulyawan, Hilda Khoirul Izza | EFEKTIVITAS PEMBIASAAN BERBICARA BAHASA ARAB DAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB YANG KONDUSIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA | ||
Bintang Fazlur Raihan AM, Sopwan Mulyawan | Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab | Masriah, M.Ag Nanin Sumiarni,M.Ag Maman Dzul Iman, MA Zaenal Arifin | |||
Yanti Kusnawati(1*), Diwiacita Azzahra(2), Maman Rusman(3), | Penerapan Media Pop-Up Book pada Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa | https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/view/17936 | |||
5 | Multimedia Pendidikan | Nanin Sumiarni, Masri’ah, Nelly Husni Laely, Yanti Kusnawati | Utilization of Interactive Learning Multimedia for Arabic Language Teachers in Madrasah Tsanawiyah (MTs) Cirebon City | ||
Masri’ah, Yanti Kusnawati | Development of Augmented Reality Video Media to Improve Mastery of Tahiat Arabiya Arabic Language Course Students | https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/ARABIYATUNA/article/view/11056 | |||
6 | Nahwu Lil Mutawassith dan Lil Mutaqoddim | تطوير تعليم التراكيب على ضوء النظرية البنيوية لترقية مهارة القراءة بمعهد الإصلاح الإسلامى بوبوس شربون | |||
القواعد الحية فى تعليم اللغة العربية | https://drive.google.com/drive/folders/1LCIY5iyDzeEnIrKecdULRPAWAli9VW3P | ||||
7 | Telaah Materi MTs & MA | Sopwan Mulyawan, Khasan Aedi | PENYUSUNAN RPP BAHASA ARAB BERBASIS HOTS, PPK DAN LITERASI UNTUK GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH DAN MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON | https://drive.google.com/drive/folders/1QDvINe75JBzeTlH0JRhMjWedd64o969X | |
8 | Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab | Sopwan Mulyawan, Khasan Aedi | PENYUSUNAN RPP BAHASA ARAB BERBASIS HOTS, PPK DAN LITERASI UNTUK GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH DAN MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON | https://drive.google.com/drive/folders/1QDvINe75JBzeTlH0JRhMjWedd64o969X | |
9 | Evaluasi Pembelajaran | Iza Zaenal Anbiya,Sopwan Mulyawan, Hasan Saefuloh, | Analisis Soal Ujian Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 12 di Madrasah Aliyyah | https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/view/10521-29606-1 | |
10 | Fiqh Al-Lughah | Nanin Sumiarni, M.Ag., Dr. Wahyudin, M.Pd.I | Eksplorasi Budaya Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Indonesia Mekkah: Studi Etnografi | https://drive.google.com/drive/folders/1-MnSt-ANUqAu3xYo5ScUXFttEF5RdAul |