Profil Lulusan

Profil lulusan atau karakteristik lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun untuk kebutuhan pengembangan keilmuan adalah lulusan bergelar sarjana yang unggul, baik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek humanis, sehingga dapat berkiprah di masyarakat dengan baik.Di samping itu lulusan juga mampu secara jeli dan kritis dalam mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan Bahasa Arab, dan mampu secara kreatif untuk merencanakan perbaikan dan kemampuan untuk melaksanakan perbaikan tersebut dengan tindakan nyata dengan basis imiah yang meyakinkan.
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah :
Profil | Deskripsi Profil |
Pendidik Bahasa Arab Tingkat Sekolah dasar dan menengah | Pendidik bahasa Arab yang memiliki keterampilan berbahasa Arab baik produktif mapun reseptif, memiliki pribadi yang berpengetahuan luas, kreatif, adaptif dengan perkembangan mutakhir bidang pendidikan bahasa Arab dan mampu menerapkan konsep pendidikan dan pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik melalui metodologi pengajaran yang adaptif. |
Pengembang Teknologi Pembelajaran | Pengembang teknologi pembelajaran memiliki kemampuan merancang dan memproduksi media dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif berbantukan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) |
Peneliti pembelajaran Bahasa Arab tingkat pemula | Peneliti yang mampu menganalisa, mengkaji dan mengevaluasi permasalahan pembelajaran bahasa Arab pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah serta mengkaji aspek-aspek bahasa Arab mengunakan metodologi ilmiah kemudian melaporkannya secara tertulisan berdasarkan prinsip-prinsip penulisan ilmiah. |
Penerjemah pemula | Penerjemah yang memiliki kemampuan alih kode (bahasa) dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, terutama buku-buku bidang pendidikan, kebahasaan, dan keagamaan secara tepat, akurat, dan kontekstual |